Yang Antara Hidupku, XL, dan Senyum-Senyum Sendiri

Bagi saya, XL adalah pemantik untuk membuat saya senyum-senyum sendiri penuh bahagia. XL123 adalah penyulut kenangan dan pengalaman berharga yang berkesan in my life, yaitu mengomandoi sebuah acara yang boleh dibilang bertaraf nasional. Ya, XL akan selalu mengingatkan saya tentang sebuah acara kumpul blogger se-Indonesia pada Januari 2011 silam yang bertajuk “Oblong Merah Muda”.

Bagaimana acara itu tak berkesan dalam hidup saya? Lha wong saya ketiban sampur menjadi Ketua Panitia di acara tersebut. Pertama, dan mungkin terakhir kalinya, saya menjadi Ketua Panitia dalam sebuah acara. Sebelum-sebelumnya dan sesudahnya, saya tak pernah menjadi ketua dalam sebuah acara, bahkan event Karang Taruna atau Agustusan sekalipun. Paling banter, mentok di jabatan sekretaris. Lha ini, acaranya taraf nasional, jadi Ketua pula.

Sebagai ketua, berpeluh dan berkeluh dalam persiapan adalah hal yang wajar. Namun, dengan bantuan dan dukungan XL dulu, kesulitan demi kesulitan yang datang mudah teratasi. Koordinasi dengan rekan-rekan panitia di Bloggerngalam (komunitas blogger Malang), dijembatani oleh XL dengan memberikan gratis dua lusin SIM card XL Community. Bahkan nomor XL yang menemani hidup saya sekarang, juga dapat dari itu. Cukup cantik lho nomornya, akhirannya 12346. Harusnya 5 sih ya. Tapi nggak papa lah, terlihat ada progressnya :)).

Ini nomor yang kepake sekarang sebenarnya nomor XL kedua. Nomor XL pertama saya masih ingat, 10 digit belinya di booth XL depan Stadion Kanjuruhan, jamannya XL Jempol masih nyponsorin Arema. Nomornya juga masih ingat, akhiran 1693. Beli karena kata fengshui artinya bagus, “satu-satunya jalan menuju kesempurnaan dengan bertiga”, dan kebetulan pas dulu jaman-jaman ngeband bertiga. Band-nya nggak pernah bubar, nomor sama Hpnya yang ilang.

Eh ini kok malah melebar ke nomor. Malah belum jelasin apa itu “Oblong Merah Muda”.

Jadi, “Oblong Merah Muda” yang menjadi tajuk acara itu merupakan akronim dari “Obrolan Bloggerngalam Mengenang Sejarah Memajukan Budaya”. Tema acara untuk memeringati HUT Bloggerngalam ke-4 itu saya yang mencetuskan ide dan konsepnya, dan beruntung disetujui oleh rekan-rekan panitia lainnya. Intinya dalam acara yang berlangsung dua hari, 7-8 Januari itu, teman-teman blogger senusantara kita perkenalkan tentang sejarah dan budaya Malang.

Ciyee jadi ketua ciyee (Photo dicandidin Blogger Nusantara)

Ciyee jadi ketua ngasi sambutan ciyee (Photo dicandidin Blogger Nusantara)

Hari pertama, Sabtu, kita ngobrol doang tapi tetap berbobot. Yang paling berkesan di hari pertama ini adalah, bersedianya MC Rock 70-80an idola saya Ovan Tobing untuk menjadi pembicara dan berkumpulnya trio sesepuh blogger, Pamantyo, Blontankpoer dan Suryaden.

Minggunya, para blogger ini kita ajak jalan-jalan (dalam arti sebenarnya: jalan kaki) dari alun-alun Tugu ke alun-alun Kota -ini uniknya Malang, punya dua alun-alun yang sama-sama di depan dua pusat pemerintahan- hingga berakhir di Museum Brawijaya. Sepanjang jalan, mereka mengenakan kaus oblong berwarna merah muda dan di dampingi oleh guide khusus dari teman-teman Museum Inggil.

Para blogger yang finish transit pertama di Alun-Alun Kota Malang

Selengkapnya tentang acara ini, Anda bisa pilih dan pilah di sini. Masih terindex kok oleh situs pencarian satu ini terkait postingan teman-teman dari Makassar, Solo, Bekasi, Madura, Banyumas, Bojonegoro, Ambon dan lain-lain (maaf kalau tak tersebut satu-persatu, mulai lupa). Sementara photo-photo acara ini juga bisa dilihat-lihat di Pinterestnya Blogger Nusantara -yang juga menjadi sumber foto postingan ini.

Awalnya, dari penamaan acara, kita sempat ragu. Karena warna merah muda yang didesain untuk kaos oblong dan hampir keseluruhan background, bukan lah warna kebesaran XL. Namun, ini yang membuat saya makin berkesan pihak XL. Mereka tak ragu untuk menerima dan mendukung kami penuh. Alasan XL waktu itu, konsepnya bisa diterima karena berusaha menghidup-hidupkan dan memajukan konten-konten lokal.

Warna ini memang menjadi kekahwatiran kami selaku panitia. Bahkan warna karpet untuk konsep lesehan saat obrolan berlangsung, pun kami harus hati-hati. Sempat terjadi masalah, karena susahnya mencari sewaan karpet berwarna biru untuk menutupi lantai aula STIE Malang Kucecwara, dan yang kami dapat cuma karpet merah. Sempat ketar-ketir juga semalaman di hari persiapan terakhir.

Tapi, kecemasan kami hilang begitu perwakilan XL pusat yang datang besoknya, sama sekali tak mempermasalahkannya. Sekali lagi, apa yang diobrolin lah yang diapresiasi XL. Bukan sekadar keriuhan acara apalagi kemeriahan warna.

Di hari Minggunya, jalan-jalan dengan rekan-rekan blogger pun terlaksana. Puluhan pemuda mengenakan t-shirt merah muda menyemut di sepanjang jalanan Malang. Saya cuma senyum-senyum sendiri mengingat teman-teman blogger, terutama yang pria, tak terlihat dinaungi rasa malu sedikitpun untuk mengenakan baju yang identik dengan wanita. Padahal, mereka semalaman bergagah-gagah ria di tempat penginapan. Maklum mereka kami inapkan di barak militer Dodikjur Bela Negara, Rampal. Lucu dan unik, kan? Malam militer, siang ber-pink-ria.

Yang paling lucu adalah ketika blogger-blogger yang datang ini kami naikkan truck militer dari Alun-Alun Kota Malang ke Museum Brawijaya. Yang melihat pasti terheran-heran dan penasaran, “Ini apa-apan tentara kita pakai pink?” :))

Para blogger pink naik truck TNI

Terimakasih teman-teman blogger senusantara yang datang saat itu. Sekali lagi terimakasih karena dalam senyum-senyum sendiriku, aku selalu ingat kalian.

Eh jangan salah lho, senyum-senyum sendiri bukan tanda-tanda gila, ia adalah the greatest feel in our life. Saat senyum-senyum sendiri itu biasanya muncul kenangan, ingatan, bayangan, dan lalu semuanya menyatu dalam sebuah kebahagiaan. Bukankah saat jatuh cinta kita juga sering senyum-senyum sendiri?

Ah kalaupun Anda tidak sepakat dengan kalimat di atas, biar saya saja yang senyum-senyum sendiri saat ini seraya mengingat every memories in life with XL. Tak lupa, di akhir paragraf ini, di tanggal 8 Oktober ini, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun XL. Selamat #19thBersama. Thanks for coulouring my life!

Sebarkan!Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+1Email this to someone

2 comments

  1. Vindy Putri says:

    Wih, serunyaa… :D Aku juga pelanggan XL. Sejauh ini puas dengan fasilitasnya. Semoga XL terus mempertahankan kualitas ya. Perubahan tarif akan selalu ada di XL. Tapi kurasa itu worth dengan kualitas. ^^

Leave a Reply