Yang Bikin Blog WordPress Multisite

Punya blog self hosted dan engine-nya wordpress? Ingin memaksimalkan page dan subdomainnya? Atau ingin dipake bareng-bareng tapi tiap user punya blog sendiri? (bukan numpang ngadmin kayak blog multiuser gitu) Solusinya, multisite!

Saat bikin blog baru ini, di home-nya saya pengen simple dan ada dua page saja berbasis subdomain. Dari setiap page tadi, saya pengen themes-nya beda-beda. Tapi saya nggak mau tiap subdomain tadi harus nginstall wordpress lagi. Bikin berat hostingan dan ribet bolak-balik upload dan install doms.

Setelah konsultasi sana-sini, jawaban tercerah saya dapat dari suhu Estiko. “Kenapa nggak dibikin multisite saja? Subdomain nggak perlu di CPanel, themes, pluginnya bisa untuk semua,” katanya.

Nih suhu njelasin banyak, tapi saya tetep ndak mudeng. Asal satu directory lah, asterix lah deelel. Hingga sesi konsultasi diakhiri dengan kalimat sakti, “Googling saja!”

Mulailah saya googling dan nemu link ini. Dipelajari sebentar, ikuti panduannya. Sukses deh bikin menu Network dan Super Admin di Dashboard dalam waktu sekitar satu jam saja. Seneng!

Tapi permasalahan berikutnya saya mulai kesulitan karena setiap subdomain yang saya bikin nggak jalan. Bolak-balik lihat menu panduan nggak nemu. Path di dashboard tiap subdomain dikosongin, udah. Coba bikin subdomain yang sama di CPanel, juga udah. Dua sampai tiga hari nggak sukses, saya konsul lagi lah ke Estiko.

Pada dasarnya semua yang saya lakukan sesuai panduan tadi sudah bener. Tapi saya luput satu penjelasan tentang asterix dulu. Lha piye aku ra dong?!
Intinya subdomain kita tetep bikin di Network Setting pada Dashboard Word Press. Tapi, dengan catatan, kita bikin dulu sub domain asterix untuk multiuser di CPanel. Ketikkan saja “*.domainmu.com” di menu bikin subdomain CPanel.

Coba saja, mudah kok! :D

Sebarkan!Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

3 comments

Leave a Reply