Yang Jebakan Betmen Ala Smartfren

Perang harga murah antar operator telekomunikasi di Indonesia memang terlihat menggiurkan bagi kita selaku konsumen. Namun, kita sebijaknya harus tetap waspada dengan promo mereka yang bersenjatakan “*” trus di bawahnya biasanya ditulis lebih kecil dari logo “*” itu sendiri. Ya, *Syarat dan ketentuan berlaku.

Tapi postingan ini tak akan membahas syarat dan ketentuan berlaku seperti lead di atas. Saya cuma mau share pengalaman aja pake Smartfren yang kebetulan baru saja nyedot pulsa saya 100 ribu hanya dalam waktu sehari.

Saya udah lebih dari setahun pake modem Smartfren Conex. Karena kebutuhan kerjaan yang memang untuk daring lebih sering, makanya saya pilih paketan premium bulanan yang seharga Rp 90 ribu/bulan. Baru di bulan April kemarin, saya mencoba beralih ke paket ke Kuota 2GB seharga Rp 50 ribu. Asumsi saya, task kerjaan lagi nggak nuntut kirim foto banyak, karena kamera juga sedang ngambek lensanya.

Pada bulan kedua saya pakai paket kuota 2GB ini (Mei), tiba-tiba saya mendapatkan SMS yang berbunyi, “Kuota Akses Internet Anda sudah hampir habis. Pastikan anda memiliki quota data untuk tetap menikmati layanan kami.”
Dan kemudian, saya nggak bisa konek. Saya paham karena ini memang paket kuota, meski pun agak sebel juga karena SMS itu saya terima di hari ke-16 dari sejak aktivasi saya tanggal 13 Mei.

Saya pun isi pulsa 100 ribu. Maksud saya, sekalian ganti paket. Saya registrasi paket lain, nggak bisa. Dibales dengan SMS yang bunyinya, “Anda telah memiliki Unified Connex Monthly 2GB (up to 14.7 Mbps) berlaku s/d 2013-06-12 00:35:06, Silahkan beli service lain setelahnya.”
Karena dapet SMS itu, yah saya pasrah. Biarlah nunggu sampai masa berlakunya habis. Toh 100 ribu ini, pasti cukup juga sampai nanti. Saya pun sering-sering teken tombol disconnect tiap ngetik. Dan baru tekan Connect kalau pas mau ngirim ketikan kerjaan.

Eh besoknya, saaya harus kaget, kecewa dan marah. Pulsa yang saya isi malemnya (29/05) tiba-tiba tinggal Rp 9.095 besok paginya. Pulsa segitu akhirnya habis ketika saya coba mbuka Tweetdeck. Saya pun beli pulsa lagi!

Yang jadi catatan dan bikin kesel adalah, Smartfren tidak pernah mencantumkan dalam SMSnya panduan untuk unreg paket. Saya nemu cara unreg paket mereka pun dari bongkar lemari untuk nyari dusnya modem dulu. Dari lima lembar lipetan kertas yang ada di dus, barulah saya menemukannya di poin 3.6 dan bertuliskan, “Connex(spasi)off

Dari kejadian ini, saya juga nemu satu lagi yang mengganjal. Sebenarnya untuk paket premium bulanan tidaklah Rp 90 ribu seperti yang mereka gembor-gemborkan. Pulsa saya 100 ribu tiba-tiba tinggal Rp.1000 setelah saya daftarkan paket tersebut. Anda bisa lihat dalam screenshoot ini. Hanya beda 32 detik saja, pulsa saya tinggal Rp.1000. Lha yang 9 ribu ke mana, SmartFren?

Saya jadi curiga, SMS kosongan yang seringkali mereka kirimkan adalah trick mereka untuk menyedot pulsa. Bisa Anda lihat di dua screenshoot di atas ada berapa banyak SMS kosongan? Begitukah, SmartFren?

Sebarkan!Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

2 comments

    • mcxoem says:

      waaaa ini #barutahu..
      dari dulu nggak pernah tahu dan sempet ngumpulin akumulasi 10 ribunya selama tiga bulan pertama lhoh aku.. makanya nggak pernah tahu PPn itu

Leave a Reply