Yang Rap Rock United Indonesia, Kebangkitan Rap Indonesia?

Apa yang ada di pikiran Anda kalau mendengar nama-nama ini; Kripik Peudeus, Sweet Martabak dan IwaK? Kalau yang dibenak Anda makanan dan kuliner, silakan tutup postingan ini. Silakan cari blog kuliner lainnya.
Kalau di benak Anda yang terlintas musik Rap, mari kita lanjoout!

Gambar diskrinsyut dari Youtube

Musik dengan genre mengandalkan gaya lagu seperti orang berbicara itu kini mulai dihidupkan kembali di Indonesia. Tiga nama yang saya sebutkan tadi ikut andil dalam upaya membangkitkan musik rap dari mati surinya itu. Konon, Beery Saint Loco lah yang memiliki proyek ini dan mengajak dedengkot rap tersebut untuk kerja bareng dalam Rap Rock United Indonesia.

Musik rap memang pernah santer menghiasi blantika musik Indonesia. Tepatnya tahun 90-an. Adalah Iwa Kusuma a.k.a Iwa K yang menjadi musisi pertama di Indonesia yang mengerjakan musik ini. Selanjutnya nama-nama rapper pun bermunculan, tak terkecuali wanita. Denada yang kini sering muncul dangdutan, awalnya ngerap juga lhoo.
Musisi-musisi pencipta beat keren untuk musik rap kala itu yang paling produktif adalah Guest Production. Guest ada di balik setiap album Iwa K.

Geliat musisi rap mulai hidup di tanah air dan akhirnya diwadahi oleh Musica Studio kala itu dengan album kompilasi Pesta Rap. Masih ingat Cewek Matre? Bosan? atau grup rap Jogja G-Tribe. Bagus kalau masih ingat! Pesta Rap ini cukup lumayan. Album kompilasi itu keluar sampai tiga jilid.

Era 2000-an, nama-nama baru bermunculan. Neo yang merupakan comotan dari alumni Pesta Rap hadir menghiasi. Hingga akhirnya era Saykoji lalu. Namun, rap seolah jalan di tempat. Bahkan Iwa K tak lagi mengeluarkan albumnya setelah Mesin Imajinasi. Itu setahu saya sih.

Menurut saya, sedikit banyak lahirnya genre baru seperti Hip Hop, Hip Rock, Hard Core, Hip Core, Nu Metal dan yang sejenisnya lah yang menjadi penyebab matinya musik nyerocos ini di Indonesia. Mungkin, para Rapper melihat ada celah untuk tetap eksis, jika gabung dengan rock tadi. Apalagi saat itu Race Againts The Machine, Korn, Limp Bizkit hingga Linkin Park terhitung sukses besar.

Banyak grup band kemudian bermunculan di Indonesia dengan mengusung gabungan musik rock dan rap ini. Sebut saja, Saint Locco, Tujuh Kurcaci dll. Padahal, musik macam itu sudah didengungkan oleh Iwa K di awal tahun 1995. Ya, Album Topeng kala itu mengusung tema Hard Core. Bahkan Side A dan Side B di kaset, diubah oleh Iwa K dengan Hard Side dan Core Side.

Eminem yang kemudian hadir dengan solo rap, tetap tak mengubah mati surinya musik rap di Indonesia. Rap tetap tanpa gairah.

Kini, Beery mencoba menghidupkannya kembali. Dengan menggandeng beberapa vokalis nyerocos dari grup sejenisnya seperti Master Wu, Ragajimesin, Tujuh Kurcaci, Kripikpeudeus serta ‘rapper asli’ macam John Doe Sweet Martabak dan Iwa K, lahirlah Rap Rock United.

Single pertama mereka, FIST UP UNITED pun sudah dilepas di YouTube dan saya embed di bawah ini. Lagu ini membuat saya ingat akan Bumi Hari Ini-nya Iwa K. Lagu itu menjadi lagu rap keroyokan terakhir yang saya dengar dan tahu.

Semoga Fist Up United tak hanya single, bisa jadi album dan semoga rap Indonesia hidup kembali!

Sebarkan!Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

2 comments

Leave a Reply