Yang 3 April, Tewasnya Robin Hood Amerika

Pada 1882, sebutir peluru menembus leher Jesse James. Peluru yang ditembakkan oleh sahabatnya sendiri, demi mendapatkan hadiah.
Sebelum menjadi penjahat paling terkenal di negaranya, Jesse pernah melawan Presiden Lincoln terkait perbudakan tentara di Selatan. Saat kubunya kalah, ia lalu banting setir dari kerjaannya, dan gerombolan Jesse James pun lahir.
Gerombolan itu mulai menarik perhatian dan dikenal sebagai perampok kereta pertama dalam sejarah Amerika Serikat. Dengan topeng Ku Klux Klan, mereka memperdaya setiap penumpang. Kemudian mereka mengalihkan target sasarannya ke bank dan kereta barang.
Ia adalah legenda, Jesse bak Robin Hood dari Wild West, yang mencuri dari si kaya dan memberikannya kepada si miskin, hanya tak seorang pun yang pernah melihat langsung orang miskin menerima koin dari tangannya.
Namun, belum ada yang pernah menanyakan berkahnya pada Hollywood. Industri film yang harusnya berterima kasih padanya untuk empat puluhan film, hampir semuanya sukses, yang bintangnya, mulai Tyrone Power hingga Brad Pitt, pernah mencengkeram pipa rokoknya.

Disadur dan diterjemahkan dari Good Guys di buku Children of the Days, Eduardo Galeano

Sebarkan!Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+2Email this to someone

Leave a Reply